Fakta Tentang Keyboard Yang Jarang Diketahui

pipeorganwiki.org – Ada dua jenis alat yang berhubungan dengan keyboard, yang pertama adalah keyboard untuk komputer dan aplikasi keyboard untuk bermain musik. Pada artikel ini akan kami bahas mengenai keyboard untuk alat musik, di mana orang-orang lebih mengenalnya dengan sebutan piano. Tentunya untuk beberapa orang sudah biasa menggunakan keyboard yang ada di piano untuk bermain musik, namun apakah anda sadar bahwa ada fakta yang mungkin belum Anda ketahui mengenai keyboard tersebut.

Berikut ini beberapa fakta yang bisa anda ketahui, yang mungkin belum banyak diketahui masyarakat saat ini.

  1. Susunan kunci keyboard

Keyboard nyatanya memiliki susunan kunci yang berderet dan membentuk kromatik, dimana keyboard ini mampu mengeluarkan total 12 suara yang berbeda. Kunci yang ada di keyboard adalah kunci yang sudah dimodifikasi, sehingga keyboard tersebut nantinya mampu dipadukan dengan beberapa genre musik yang sedang dilantunkan.

  1. Kemunculan pertama

Pertama kali keyboard muncul di wilayah Eropa pada abad ke-14, dimana saat pertama kali kemunculannya keyboard ini memiliki tuts yang berukuran besar dan lebar. Meskipun tuts yang yang dimiliki berukuran lebar, keyboard ini tidak bisa mengeluarkan banyak nada secara harmonis.

  1. Pembakuan tuts

Ketika pertama kali muncul keyboard ini belum memiliki tuts yang baku, sehingga setiap keyboard memiliki lebar tuts yang berbeda-beda. Kemudian pada abad ke-16 muncullah keputusan di mana tuts ini dibakukan, sehingga keputusan ini menghasilkan nada diatonik mampu dicakup dengan satu tangan saja. Sesaat setelah pembakuan tut ini diselesaikan, musik harmoni sudah mulai muncul dengan irama yang lebih harmonis. Kemudian pada abad ke-16, tuts hitam dan putih sudah mulai muncul.

Baca juga : Alat Musik Tradisional Asli Indonesia Yang Sudah Mendunia

  1. Keyboard elektronik

Seiring dengan perkembangan zaman, muncullah keyboard dengan jenis elektronik. Keyboard jenis elektronik ini muncul di abad ke-20, dimana Sejak saat itu beberapa instrumen bisa dimainkan dengan keyboard elektronik di ini. Bahkan sebuah orkes simfoni yang memiliki jumlah puluhan instrumen mampu dihasilkan menggunakan 1 buah keyboard elektronik, tentu perkembangan ini sangat membuat banyak orang takjub.

  1. Laurens Hammond

Laurens Hammond merupakan orang amerika Serikat yang memasarkan keyboard elektronik pada tahun 1935, di mana dirimu mampu membuat banyak orang merasakan bermain dengan keyboard.

  1. Tinggi nada

Sebuah keyboard yang dimainkan memiliki tinggi nada yang berbeda-beda, di mana perbedaan tersebut tergantung dengan jenis dan juga tipe keyboard nya. Namun standarnya tinggi nada keyboard ini mampu mencapai 5 oktaf atau lebih, dimana oktaf ini merupakan Jarak antara satu nada ke nada lainnya namun nadanya semakin tinggi.

Itulah beberapa fakta mengenai keyboard alat musik belum banyak diketahui, bila anda merasa artikel ini bagus maka dukung kami dengan membagikan artikel ini.